Pengertian Polis

Pengertian Polis adalah semacam dokumen yang berisi persetujuan atau kesepakatan dari pada pihak tertanggung dan pihak asuransi terkait dengan risiko yang hendak dipertanggungkan. Jadi secara singkat polis adalah semacam surat perjanjian penutupan asuransi tersebut.

Sebuah polis biasanya berisi;

1 Rangkuman pertanggungan

Ini mungkin berisi hal-hal pokok yang perlu diketahui oleh tertanggung. Ada pula informasi detail mengenai dari nama tertanggung, nilai pertanggungan, obyek yang dipertanggungkan, daftar klausula tambahan, periode asuransi, serta perhitungan besarnya premi.

2. Judul Polis

3. Pembukaan

4. Penjaminan

Ada pula yang mengistilahkannya dengan operative clause

5. Pengecualian

Pengecualian juga ada di sini

6. Tanda tangan pihak penanggung

Sebagaimana yang mungkin kita sangka sebelumnya.

7. Uraian

Uraian yang ada dalam polis tersebut.

Sebuah polis bisa juga mengalami perubahan, apabila obyek yang diasuransikan atau alamat tertanggung mengalami perubahan selama masa berlakunya polis. Misalnya perubahan fungsi/okupasi, nilai atau kepemilikan, tertanggung wajib memberitahukan hal ini kepada pihak asuransi. Karena ini akan sangat membantu seandainya terjadi klaim.

Perubahan Risiko dalam kaitannya dengan polis, misalnya dari rumah tinggal menjadi gudang, atau dari mobil pribadi menjadi mobil sewaan. Selain itu, polis juga mempunyai kaitan apabila terjadi Perubahan Nilai Yang Dipertanggungkan. Sebagai contoh Nilai obyek pertanggungan telah berubah, dan tertanggung ingin mendapatkan penggantian yang sesuai jika terjadi klaim. Nah dari sini, semoga bisa menjadi langkah awal anda untuk lebih bersemangat dalam mengetahui dan mengkoreksi pengertian polis diatas.

Tags: , ,

Comments are closed.