Pengertian pemerintah

Jika kita bertanya mengenai pengertian pemerintah, barangkali ada yang menjawab bahwa pengertian pemerintah memiliki dua sudut pandang, yakni pemerintah dalam arti sempit dan pemerintah dalam arti luas. Pendapat ini menerangkan bahwa pengertian pemerintah dalam arti luas adalah semua lembaga negara MPR, Presiden, DPA, DPR, BPK dan MA. Sedangkan dalam arti sempit, pengertian pemerintah merujuk pada Presiden, Wakil Presiden, dan Menteri-Menteri Negara. Bahkan dapat dimasukkan DPR sebagai pemerintahan dalarn arti sempit atau Pemerintahan Pusat.  Alasan bahwa DPR dapat dimasukkan ke dalam kelompok Pemerintahan Pusat, karena DPR merupakan mitra kerja Presiden dalam membuat UU, membuat APBN dan termasuk dalam menetapkan susunan dan keanggotaan lembaga tinggi negara seperti DPA, BPK, dan MA.

pengertian pemerintah

pengertian pemerintah

Pengertian pemerintah diatas barangkali tidak sama dengan pengertian pemerintah yang mungkin kita temui di tempat yang lain. Hal ini barangkali karena sebagian orang mungkin memiliki berbagai sudut pandang yang berbeda mengenai pengertian pemerintah itu sendiri. Dalam ilmu sosial misalnya, pengertian pemerintah merujuk pada legislator, administrator, dan arbiter dalam birokrasi administrasi yang kontrol negara di waktu tertentu, dan sistem pemerintahan dengan yang mereka terorganisir.

Dalam setiap tampuk pemerintah bisa saja terdiri dari badan khusus dan istimewa individu yang memonopoli pembuatan keputusan politik, dan dipisahkan oleh status dan organisasi dari populasi secara keseluruhan.

Fungsi pemerintah barangkali adalah untuk menegakkan hukum yang ada, undang-undang yang baru, dan arbitrase konflik melalui monopoli pemerintah tentang kekerasan. Di beberapa negara, barangkali memiliki pemerintahan yang turun-temurun. Sementara di negara lain, terjadi pergantian dari orang yang mengisi tampuk pemerintahan.

Pemerintahan sendiri memiliki berbagai bentuk di dunia ini. Misalnya sebagai berikut;

Sistem pemerintahan Monarki yakni sistem pemerintahan yang kekuasannya bisa diwariskan.

Sistem pemerintahan Oligarki, yakni sistem pemerintahan yang dikuasai oleh sekelompok kecil orang yang memiliki kepentingan yang sama atau merupakan satu keluarga.

Sistem pemerintahan Plutokrasi, yakni pemerintah yang terdiri dari kelas kaya.

Dan masih banyak sistem pemerintahan yang lainnya. Namun paling tidak dari sini kita sudah mengenal beberapa sistem pemerintahan dan juga mengetahui pengertian pemerintah itu sendiri. Sebagian dari informasi di atas barangkali kurang akurat, jadi saya menyarankan anda untuk melakukan konfirmasi, dan cantumkan juga pendapat anda mengenai pengertian pemerintah di bagian komentar di bawah artikel ini.

Tags: , , , , , , ,

Comments are closed.