Penulisan Daftar Pustaka

Penulisan daftar pustaka sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah apabila kita tahu kaidah-kaidah atau cara penulisan daftar pustaka. Beberapa orang mungkin mencari cara daftar pustaka, namun saya pribadi jika ditanya mengenai cara daftar pustaka akan menyimpulkan bahwa yang dimaksud adalah cara penulisan daftar pustaka. Sebelum kita membahas mengenai cara mudah menulis daftar pustaka, ada baiknya kita mengetahui pengertian daftar pustaka itu sendiri.

penulisan daftar pustaka

penulisan daftar pustaka

Pengertian daftar pustaka adalah daftar yang mencantumkan judul buku, nama pengarang, penerbit dan sebagainya, yang ditempatkan pada akhir suatu karangan atau buku. Daftar pustaka biasanya disusun menurut abjad. Berkaitan dengan daftar pustaka, barangkali kita sering mendengar istilah pustaka acuan yang mungkin kerap membingungkan.

Nah jika kita mengecek di Kamus Besar Bahasa Indonesia, kita akan menemukan bahwa definisi pustaka acuan adalah sebagai berikut: perpustakaan rujukan. Kamus besar bahasa indonesia sendiri menggunakan istilah pustaka acuan dalam menyebutkan literatur pendudukngnya. Namun kali ini kita akan menyebutnya sebagai daftar pustaka saja, karena saya rasa istilah ini lebih umum.

Cara Penulisan Daftar Pustaka

Beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam format penulisan daftar pustaka adalah;

1. nama belakang ditulis terlebih dahulu baru diikuti dengan nama depan yang keduanya dipisahkan dengan tanda koma. Barangkali ini berkaitan dengan gaya penulisan eropa dimana nama belakang biasanya digunakan untuk menyebut nama keluarga, memanggil orang yang belum kita kenal secara akrab, atau untuk menyebut orang yang kita hormati. Sebagaimana kita ingat, presiden AS dikenal sebagai ‘Obama’ bukan ‘Barrack’. Namun orang-orang dekatnya mungkin memanggilnya dengan Barry.

Hanya saja, format nama depan- nama belakang ini mungkin tidak selalu berlaku di Indonesia, karena tidak semua penamaan orang di indonesia menggunakan format nama belakang sebagai nama keluarga. Hanya saja, karena penulisan daftar pustaka yang diajarkan kepada kita terlanjur menggunakan nama depan dan nama belakang, jadi kita akan menggunakan hal cara penulisan daftar pustaka tersebut sebagai acuan pertama kita.

2. Hal yang kedua yang perlu diperhatikan adalah bahwa judul buku ditulis dengan huruf miring atau lebih tepatnya italic. Agar anda mudah membedakan istilah italic dengan istilah lainnya berikut ini gambaran sederhananya:

  • Ini adalah tulisan reguler / normal: cara penulisan daftar pustaka
  • Ini adalah tulisan miring / italic: cara penulisan daftar pustaka
  • Ini adalah tulisan cetak tebal / bold: cara penulisan daftar pustaka

3. Hal ketiga dalam penulisan daftar pustaka adalah nama kota dan nama penerbit dipisahkan dengan tanda titik dua. Sedangkan yang lainnya dipisahkan dengan tanda titik (kecuali nama depan dan nama belakang tentunya).

Penulisan daftar pustaka

Untuk lebih memudahkan anda dalam menulis daftar pustaka, berikut ini kami sajikan program ringkas yang dapat anda gunakan secara praktis dalam penulisan daftar pustaka. Anda tinggal memasukkan nama depan, nama belakang, tahun, judul buku, kota penerbit, dan nama penerbit untuk mendapatkan penulisan daftar pustaka anda. Dan anda tidak perlu repot karena sistem otomatis yang akan membantu anda dalam membuat daftar pustaka. Masukkan saja datanya di form berikut ini;

Contoh daftar pustaka

Contoh daftar pustaka dari format diatas adalah sebagai berikut:

Alwi, Hasan. 1990. Pedoman Penanaman Pohon Kopi di Dataran Rendah. Jakarta: Pustaka Bintang Terang.

Badudu, J.S. 1985. Pelik-Pelik Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Prima.

Caligis, Hasan. 1998. Budidaya Ikan Gurameh Sirip Merah. Yogyakarta: Gemah Ripah Press

Damon, Matt. 2001. Cara Menjadi Top Agen Nomor 1. Semarang: Pustaka Kita.

Eman, Anom. 2005. Kuliner Sehat dan Halal Kaki Lima. Surabaya: Prada Press.

Fantastis, Bambang Haryo. 2011. Realita Menjadi Tim Sukses Calon Peserta Pemilihan Kepala Daerah. Medan: Pustaka Bintang Tujuh.

Mudah bukan? Jika anda suka dengan informasi mengenai penulisan daftar pustaka di atas, anda bisa mengeklik tombol like sebagai apresiasi bagi kami bagi pengembangan program-program serupa di masa mendatang. Misalnya daftar pustaka internet, daftar pustaka dengan 2 nama pengarang dll.

Tags: , , , , , , ,

Comments are closed.